Welcome Myspace Comments

Wednesday, January 14, 2009

Lomba Posting tentang Mendorong Kreativitas - Inovasi

Setiap daerah mempunyai kebiasaan dan adat-adat yang sangat berbeda, namun tanpa disadari kebiasaan dan adat-adat tersebut ada karena karakteristik masyarakat yang telah ada dalam suatu lingkungan tersebut. Sehingga karakteristik dari masing-masing warga terbentuk karena kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Masing-masing daerah pada umunya mempunyai tujuan dan maksud yang baik yang membuat kekeluargaan daerah tersebut tumbuh harmonis dengan sendirinya. Lingkungan daerah yang hangat, harmonis, kekeluargaan yang sangat erat, kegotong royongan yang membantu satu sama lain itu semua ada pada bangsa Indonesia. Tapi itu dulu, semua itu dulu,itu dulu. Berbeda dengan Indonesia masa sekarang. Kita pun mengetahui dan merasakan itu. Sikap acuh tak acuh satu sama lain,kehidupan yang materialistis, kekuasaan karena harta yang dimiliki, semua akan dilakukan demi kepentingan pribadi mereka. Itu semua dapat dan sering kita lihat dalam kehidupan di Ibukota.

Tak perlu berkecil hati dulu, masih ada daerah-daerah yang tidak sekejam kehidupan di Ibukota. Meskipun daerah tersebut merupakan daerah-daerah desa, tapi mereka mempunyai keeratan dan kekluargaan yang sangat erat yang sesuai dengan budaya kehidupan bangsa Indonesia terdahulu.

Cara mendorong budaya yang kreatif-inovatif di daerah sebenarnya tidak sulit terutama di daerah saya, namun hanya perlu kesadaran dari masing-masing masyarakat dan peran serta pemerintah daerah sampai pemerintah pusat.

Dalam kesempatan ini saya mempunyai cara bagaimana mendorong budaya yang kreatif-inovatif di daerah, sebut saja 6 P.

Langkah 6 P diantaranya :

- Pendidikan dari keluarga.

Dimulai dari ruang lingkup yang paling kecil terlebih dahulu, yaitu keluarga. Masing-masing keluarga sebaiknya memberi wawasan mengenai betapa pentingnya budaya yang ada di Indonesia ini untuk diketahui, dipelajari dan dipertahankan agar budaya bangsa ini tidak hilang. Sebaiknya para orangtua membiasakan anak-anaknya dari kecil diberikan permainan yang mendidik yang mendorong kreatifitas, seperti permainan melipat kertas, menyusun bongkar pasang, dan permainan lainnya yang dapat mendorong mereka untuk mengembangkan kreatifitas mereka. Dengan pendidikan seperti itu dari kecil, akan membawa sikap yang lebih kraetif dalam kehidupannya kelak. Pendidikan dari keluarga ini merupakan faktor yang sangat penting, karena dengan adanya kesadaran dari masing-masing keluarga, diharapkan dapat melahirkan ide-ide dan hasil karya yang kreatif dan inovatif.

- Pengadaan acara-acara yang menarik perhatian masyarakat.

Yang dimaksud dengan acara-acara yang menarik disini salah satu contohnya adalah mengadakan lomba di lingkungan sekitar seperti lomba perayaan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus disertai dengan pemberian hadiah yg menarik bagi para pemenangnya. Lomba yang diadakan adalah lomba yang berhubungan dengan budaya Indonesia. Misalnya, lomba fashion show dengan mengenakan kebaya. Dengan acara itu diharapkan budaya kita dapat dipertahankan. Tidak hanya berhubungan dengan budaya, tapi bisa juga dalam bidang yang lain sehingga dapat memacu semangat masyarakat terutama generasi penerus untuk dapat mengembangkan kreatifitasnya. Dalam acara ini, saya yakin pastibanyak hasil karya yang sangat kreatif dan inovatif.

- Pembekalan keterampilan kepada masyarakat.

Pembekalan keterampilan dengan mendatangkan orang-orang yang ahli atau pengusaha-pengusaha yang telah sukses dengan usaha dari keterampilannya mempunyai pengaruh yang besar pula untuk mendorong semangat masyarakat. Dengan melihat keberhasilan para pengusaha tersebut, masayarakat pasti mempunyai keinginan untuk menjadi berhasil seperti mereka. Bahkan memacu untuk menjadi lebih baik, dengan mengembangkan kreatifitas yang lebih dari sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

- Peminjaman modal usaha dari daerah setempat.

Setelah mendapatkan pembekalan keterampilan, keterampilan tersebut dapat dijadikan sebagai penghasilan. Daerah diharapkan dapat memberikan partisipasi berupa dana agar masyarakat dapat berkarya dan berkreasi. Dan hasil kreasi tersebut dapat dijual dan dapat dijadikan sebagai sember pemasukan pribadi itu sendiri maupun bagi daerahnya. Karena pajak dapat mengalir ke daerah tersebut.

- Penyediaan fasilitas pengembangan kreatifitas yang memadai.

Dalam program ini diharapkan pemerintah daerah dapat berpartisipasi memberikan dana untuk menyediakan fasilitas pengembangan kreatifitas yang nyaman dan memadai. Dengan dibangunnya tempat untuk mengembangkan kreatifitas di setiap daerah, terutama masyarakat yang kurang mampu akan mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya di tempat tersebut.

- Pemberian beasiswa kepada pelajar ataupun mahasiswa yang kreatif.

Pemberian beasiswa ini diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang mempunyai prestasi yang berkaitan dengan pengembangan kreatifitas. Sehingga program ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi para pelajar maupun para mahasiswa untuk menjadi generasi penerus yang terus mengembangkan daya kreatifitasnya. Jadi, ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh kalangan pelajar dan mahasiswa ini tidak hanya menjadi teori belaka karena mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan bermasyarakat. Dan kreatifitas kalangan ini juga diharapkan menghasilkan kreatifitas yang imajinatif dan inovatif, tidak hanya di daerah mereka saja, namun diharapkan mampu menembus kawasan internasional.

4 comments:

  1. Wah, jurus 6P yang kreatif . . . Menarik!!!

    ReplyDelete
  2. Selamat ya, sepertinya menang neh.. dwuh jadi kepingin. sekali lagi tetap semangat, tetap berkarya. dan salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. Happy Wednesday! Bloghoppin' here... Hey, I have an interesting tutorial for you that I have written myself. It is about adding Adsense on your Single Post in XML template. I hope you'll like it! God Bless you!

    ReplyDelete
  4. dapat jurus dari ta?
    sudah lama nih ga mampir.
    gimana kuliahnya? sudah ujian.
    aq baru aja selesai ujuian semester.

    ReplyDelete